Wednesday, April 8, 2020

Spesifikasi komputer

Pengertian Spesifikasi komputer merupakan suatu kebutuhan pengguna dalam memaksimalkan penggunaan perangkat komputer. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merakit komputer adalah untuk tujuan apa komputer di rakit, kualitas seperti apa yang di inginkan dan berapa biaya yang harus kita siapkan.
Dalam hal merakit sebuah komputer juga tidak lepas dari kualitas seperti yang di jelaskan diatas, kebutuhan dalam merakit juga dapat dibagi menjadi beberapa kebutuhan : kebutuhan untuk komputer multimedia, Office , design grafis maupun untuk gamers. Setelah memahami kebutuhan komputer yang akan digunakan langkah selanjutnya adalah membuat daftar mengenai perangkat apa saja yang akan anda beli. Dalam hal ini sebagai contoh kita akan merakit komputer komputer untuk multimedia, anggaran yang dikeluarkan jelas lebih besar dibandingkan komputer untuk office
Pengertian Spesifikasi Komputer – Processor
Processor memiliki 2 jenis yang secara umum sering digunakan untuk meningkatkan kinerja pc yaitu intel dan amd.
Contoh processor untuk multimedia :
INTEL Processor Pentium [G620]
Dual Core, 2,6 GHz, 5 GT/s DMI, 3MB Intel Smart Cache, Socket LGA1155
seharga Rp. 570.000,-
INTEL Processor Pentium [G840]
Dual Core, 2,8 GHz, 5 GT/s DMI, 3MB Intel Smart Cache, Socket LGA1155
seharga Rp. 700.000,-
AMD Processor Athlon [X2 7550]
Dual Core, 2.5GHz, 2MB Cache, Socket AM2+ (Tray)
seharga Rp. 390.000,-
AMD Llano [A4-3300] – X2
Dual Core, 2500MHz, 2 cores, 1MB L2 Chace, Socket AMD FM1
seharga Rp. 530.000
Bisa kita bandingkan dengan kecepatan yang sama harga processor AMD jauh lebih murah dibandingkan dengan Processor intel. masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, untuk membeli processor hal penting yang harus diperhatikan adalah Socketnya. Socket harus disesuaikan dengan MB ( Motherboard) yang akan kita pakai nantinya.
Pengertian Spesifikasi Komputer – Motherboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen sertachip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
kalau processor yang kita gunakan intel MBnya juga harus intel, berikut jenis socket pada mb intel
·      MB Intel socket LGA1155
·      MB Intel Socket LGA1156
·      MB Intel Socket LGA1366
·      MB Intel Socket LGA775
·      MB AMD Socket BGA FT1
·      MB AMD Socket AM2/AM2+
·      MB AMD Socket AM3/AM3+
·      MB AMD Socket FM1
kita sesuaikan dengan socket processor yang akan kita pakai. sesuai dengan contoh processor diatas berarti MB yang dibutuhkan adalahMB Intel socket LGA1155
Pengertian Spesifikasi Komputer – Ram
RAM (Random Acces Memory) berfungsi menyimpan berbagai data dan intruksi program. penyimpanan ram bersifat sementara artinya data yang tersimpan akan hilang apabila komputer dimatikan. Ram merupaka memory Internal yang mendukung kecepatan Processor dalam mengolah data dan intruksi. Dalam memilih RAM perlu diperhatikan juga jenis slot MBnya. kalau slot RAM pada MBnya ddr2 RAM yang digunakan juga harus ram ddr2, jenis ram dari yang terlawas sampai yang terbaru, DDR, DDR2,DDR3,
ukuran ram dari yang terkecil, 8 mb, 16 mb, 32 mb, 64 mb, 128 mb, 256 mb, 512 mb, 1 Gb, 2 Gb, 4 Gb, 8 Gb. Komputer sekarang rata-rata menggunakan RAM 1 Gb keatas karena aplikasi dan program yang semakin berat.
Pengertian Spesifikasi Komputer – HARDISK
Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.
Pengertian Spesifikasi Komputer – CD Room / DVD Room
Drive CD atau DVD Rom merupakan salah satu komponen penting dari sebuah desktop PC atau notebook. Tanpa perangkat tersebut kita tidak bisa memutar kepingan CD, kepingan DVD, membuka dokumen menginstall program dan aktifitas lainnya. Namun, jika anda menggunakan komputer tersebut bersama dengan yang lain, terutama di rumah, setiap orang yang menggunakan komputer cenderung mengeksplorasinya secara berlebihan. Tanpa sepengetahuan anda, mereka bisa menggunakannya untuk melakukan burning ke kepingan CD atau DVD secara berlebihan.
Pengertian Spesifikasi Komputer – V G A
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Pengertian Spesifikasi Komputer – MONITOR / LCD
secara umum monitor berfungsi untuk mengubah sinyal video dari PC yang masih berupa sinyal digital menjadi sinyal analog yang selanjutnya melalui beberapa proses sampai akhirnya dapat di tampilkan di layar monitor dan dapat kita lihat. teknologi monitorpun dari tahun ketahun mengalami perkembangan, Dari monitor tabung yang sering disebut dengan monitor CRT, LCD dan LED masing-masing mempunyai kelebihan
Sebenarnya untuk memahami lebih dalam tentang pengertian spesifikasi komputer sendiri terbagi menjadi komputer low end, mid end, dan high end.
1. Low – End
Komputer low-end harganya relatif murah namun penggunaanya / fungsinya hanya sekedar untuk mengetik data dan pemrosesan data tingkat rendah. Contoh spesifikasinya adalah:
·      Dual Core E5400
·      ECS G41T-M5
·      VISI-ON 1GB PC 6400
·      WDC SATA II 160GB 8MB
·      Speedpower AX-500-S 500W
2. Mid – End
Komputer mid-end harganya sedikit mahal namun penggunaanya / fungsinya setingkat lebih tinggi dari komputer low-end. Komputer mid-end dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan grafis tingkat menengah. Contoh spesifikasinya adalah:
·      Core i5 750 Box (8M Cache, 2.66 Ghz)
·      Biostar T5XE
·      G.SKILL F3-12800CL7D-4GBRM WDC SATA II 500Gb 32Mb Green
·      MSI GTX 275 Twin Frozer OC 896Mb 448Bit DDR3
·      Speedpower AX-550-S 550W
·      Lite On DVDRW Sata 24x
3. High– End
Komputer high-end harganya relatif mahal namun penggunanya / fungsinya paling superior dibanding komputer mid-end dan low-end. Contoh spesifikasinya adalah:
·      Core i5 750
·      Biostar T5XE
·      G.SKILL 4GB DDR3 1600 Mhz
·      WDC 500GB SATA II 32mb
·      HIS HD 5850 Cypress Pro 1Gb 256Bit DDR5
·      DELL 20 Inch S2009W+DVI 1600×900
·      Speedpower AX-600-S 600W
·      Lite On DVDRW Sata 24x
·     ALTEC Lansing BXR-1221 2.1 by the user by the user COMPUTER SPECIFICATIONS AND FUNCTIONS

No comments:

Post a Comment